Surah Ar Rahman Indonesia MP3

3 (0)

Music & Audio | 29.3MB

Description

Surat Ar-Rahman meruapakan nama surat dalam Al Quran yang ke-55. Surat yang diturunkan di mekah atau makkiyah ini terdiri atas 78 ayat. Ciri khas surah ini adalah kalimat berulang 31 kali Fa-biayyi alaa'i Rabbi kuma tukadzdzi ban (Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?) yang terletak di akhir setiap ayat yang menjelaskan nikmat Allah yang diberikan kepada manusia.
Surah ini dimulai dengan ayat yang merupakan suatu bukti, tanda, dan manifestasi. Yang pertama adalah Tuhan Yang Maha Pengasih, yang mengajarkan pengetahuan tentang diri-Nya melalui Alquran (al-Mizan). Manifestasi pertama Allah adalah cahaya-Nya, cahaya pengetahuan. Orang-orang kafir ingin memadamkan cahaya Allah dan perintah-Nya, tetapi Allah tidak mengizinkannya karena "Allah adalah cahaya langit dan bumi."
Surah ini berakhir dengan kalimat "Mahaberkah" (tabaraka). Mahaberkah adalah salah satu nama Allah. Jika manusia menyeru nama Allah, maka Allah akan menghampiri kediamannya.
Kandungan Surah Ar Rahman
1. Keimanan:
Allah mengajar manusia pandai berbicara; pohon- pohonan dan tumbuh-tumbuhan tunduk kepada Allah; Allah selalu dalam kesibukan; seluruh alam merupakan nikmat Allah terhadap ummat manusia; manusia diciptakan dari tanah dan jin dari api.
2. Hukum-hukum:
Kewajiban mengukur, menakar, menimbang dengan adil.
3. Dan Lain-lain :
Manusia dan jin tidak dapat melepaskan diri dari kekuasaan Allah s.w.t. banyak dari ummat manusia yang tidak mensyukuri nikmat Tuhan; nubuwat tentang hal-hal yang akan terjadi dan hal-hal itu benar- benar terjadi seperti tentang terusan Sues dan Panama.
Keutamaan Surat Ar Rahman
Rasulullah
bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat Ar-Rahman, Allah akan menyayangi kelemahannya dan meridhai nikmat yang dikaruniakan padanya.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/187).
Imam Ja’far Ash-shadiq (sa) berkata: “Barangsiapa yang membaca surat Ar-Rahman, dan ketika membaca kalimat ‘Fabiayyi âlâi Rabbikumâ tukadzdzibân’, ia mengucapkan: Lâ bisyay-in min âlâika Rabbî akdzibu (tidak ada satu pun nikmat-Mu, duhai Tuhanku, yang aku dustakan), jika saat membacanya itu pada malam hari kemudian ia mati, maka matinya seperti matinya orang yang syahid; jika membacanya di siang hari kemudian mati, maka matinya seperti matinya orang yang syahid.” (Tsawabul A’mal, hlm 117).
Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Jangan tinggalkan membaca surat Ar-Rahman, bangunlah malam bersamanya, surat ini tidak menentramkan hati orang-orang munafik, kamu akan menjumpai Tuhannya bersamanya pada hari kiamat, wujudnya seperti wujud manusia yang paling indah, dan baunya paling harum. Pada hari kiamat tidak ada seorangpun yang berdiri di hadapan Allah yang lebih dekat dengan-Nya daripadanya.
Baiklah setelah kita mengetahui Keutamaan dan Kandungan Suraht Ar Rahman. Sekarang mari kita bersama- sama membaca baca Surat Ar Rahman di dalam aplikasi ini.
Nah itulah isi kandungan surat Ar Rahman. Kalian perlu mengetahui ini agar kita lebih mengerti dan meresapi apa artinya jika kita membaca dan mengamalkan surat ini. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah dan senantiasa di beri keberkahan dalam hidup.
Murottal Surah Al Waqi'ah dari Mishari Rashid al Afasy, Abdur Rahman as Sudais, dan Saad Said Al Ghamidi
disini kami sediakan mp3 offline murottal Ar Rahman dari para qori terkenal di dunia, sehingga kita akan merasa sangat nyaman dan tersentuh saat mendengarnya, seperti Mishari Rashid al Afasy, Abdur Rahman as Sudais, dan Saad Said Al Ghamidi. kami sediakan juga teks dalam bahasa arab, tulisan latin dan disediakan pula artinya dalam bahasa inggris, Indonesia, Urdu sehingga kita dapat dengan mudah mengerti maksud dari ayat ayat al quran
paket lengkap bukan ? mendengarkan suara lantunan murottal dari qori terkenal dunia sambil memahami artinya tentu akan menyejukan hati dan menenangkan jiwa, tunggu apalagi silahkan unduh aplikasi ini sekarang juga.
jangan lupa rate dan komen agar kami lebih semangat dalam memperbaharui dan membuat aplikasi bermanfaat lainnya. terimakasih

Show More Less

What's New Surah Ar Rahman Indonesia MP3

FIx Bugs, Corection Text

Information

Updated:

Version: 2.1

Requires: Android 4.0 or later

Rate

Share by

You May Also Like